Senin, 05 Desember 2011

digitaledition Kabau Sirah Siap ke Asia

digitaledition



Kabau Sirah Siap ke Asia
Tunggu Sinyal dari PSSI
Padang Ekspres • Senin, 05/12/2011 13:15 WIB • Zulkarnaini • 427 klik
(*)
Padang, Padek—Menyusul hijrahnya dua dari tiga klub papan atas Liga Super musim 2010/2011; Persipura Jayapura, dan Persija Jakarta ke Indonesia Super Liga (ISL), maka kesempatan mereka untuk mewakili Indonesia di ajang Liga Champion Asia dan AFC Cup pupus.
Pasalnya, mereka mengikuti liga yang tidak diakui oleh PSSI sebagai otoritas sepakbola Indonesia. Semen Padang yang menduduki peringkat empat pun mempunyai asa untuk menjadi wakil Indonesia di ajang asia.

Namun, Ketua Umum PT Kabau Sirah Semen Padang (KSSP) Erizal Anwar belum menerima informasi resmi dari PSSI soal kemungkinan adanya pengantian wakil indonesia di Liga Champions Asia (LCA) dan piala AFC. ”Nanti akan kami tanyakan dulu ke PSSI apakah akan ada pengantian wakil Indonesia di LCA dan AFC nanti atau tidak,” kata Erizal kepada Padang Ekspres, Minggu (4/12).

Kendati demikian, jika memang ada pengantian wakil Indonesia di kancah asia nantinya, manajemen Kabau Sirah telah menyatakan kesediaannya. Meski sesuai dengan manual liga, tim besutan Jackson F Tiago (Persipura) yang berhak mewakili indonesia ke LCA.

Namun kedua klub itu kini telah bergabung di luar kompetisi resmi PSSI. Begitu juga dengan peringkat ketiga liga super musim lalu Persija Jakarta. Hanya saja kepastian Pasukan Bukit karang Putih untuk ikut LCA masih menunggu tindak lanjut dari pengurus sepakbola tertinggi di tanah air.

Akan tetapi, Erizal juga mengakui kalau Stadion Agus Salim belum memenuhi syarat untuk menggelar LCA. ”Kami siap. Walau kami mengakui stadion Agus Salim belum memenuhi syarat untuk LCA. Mungkin saja pelaksanaannya bisa digelar di Stadion Bung Karno Jakarta,” kata pria asal Bukittinggi itu.

Dijelaskannya, minimal seluruh tribun sudah mempunyai kursi tempat duduk sebagai salah satu syarat stadion penyelenggara LCA. Inilah yang akan menjadi target pembenahan pihak manajemen hingga kompetisi liga prima indonesia (IPL) musim ini berakhir. Akan tetapi dia tetap menyerahkan keputusan itu kepada PSSI sebagai regulasi tertinggi persepakbolaan tanah air. ”Tapi itu semua kita serahkan saja ke PSSI,” tegas Erizal.

Seperti diberitakan sebelumnya, surat dari AFC tertanggal 30 November dengan nomor DAS/T5/BT yang ditandatangani oleh Sekjen AFC Alex Soosay sebagai jawaban atas konfirmasi klub yang mewakili Indonesia di Piala AFC dan LCA.

Dengan tegas ditulis Indonesia hanya boleh diwakili oleh Persipura di LCA dan Arema Malang di AFC Cup. Keputusan itu diambil oleh AFC karena sebelumnya PSSI telah menyerahkan lembar konfirmasi bahwa dua klub itu yang berhak mewakili Indonesia.

”Jika persipura tidak bisa berkompetisi pada LCA musim 2012, kami informasikan jika tim peringkat ketiga Persija tidak bisa tampil atau menggantikan posisinya,” seperti tertulis di surat tersebut. (*)
[ Red/Redaksi_ILS ]

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar